Close

Cara Menjaga Rahim Agar Tetap Sehat

Cara Sederhana Menjaga Rahim Agar Tetap Sehat Dan Subur

Cara Menjaga Rahim Agar Tetap SehatCara Menjaga Rahim Agar Tetap Sehat – Rahim meruapakan salah satu organ reproduksi wanita yang terletak di rongga panggul. Organ ini berbentuk seperti buar pir terbalik osisinya di antara kandung kemih dan rektum.

Rahim berperan besar dalam sistem reproduksi wanita karena organ ini sebagai tempat untuk menerima pembuahan sel telur (ovum) yang kemudian tertanam ke dalam endometrium.

Kesehatan rahim itu sangat penting karena akan mempengaruhi kesehatan janin atau bayi yang dikandung. Maka dari itu penting sekali bagi wanita untuk menjaga kesehatan rahim supaya tetap sehat dan subur.

Cara menjaga kesehatan rahim sejak dini sangat penting sekali agar kelak setelah menikah cepat hamil dan mempunyai anak. Berikut beberapa tips, trik dan cara sederhana menjaga rahim agar tetap sehat dan subur yang mudah dilakukan.

1. Perbanyak makan sayuran

Sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat menjaga kesehtan rahim wanita. Sayuran adalah sumber kalsium, potasium, magnesium dan vitamin yang hebat.

Sayuran hijau berfungsi untuk keseimbangan basal pada rahim serta membantu mengoptimalkan fungsi dari sistem saraf. Salah satu jenis sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi yaitu kangkung, bayam, brokoli dan sayuran hijau jenis lainnya.

2. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin, nutrisi, mineral dan juga bersifat sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C dan bioflavonoid pada buah-buahan dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan fibroid di rahim wanita.

Buah juga dapat menormalkan kadar estrogen dan juga bisa mencegah kanker ovarium. Ini membantu menjaga sistem reproduksi tetap sehat dan subur.

3. Makan ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang tinggi akan asam lemak omega-3. Perlu Anda ketahui kandungan Omega 3 yang banyak dimiliki minyak ikan dapat mengurangi risiko keguguran dan meningkatkan kualitas sperma. Ahli Gizi Marilyn Glenville mengatakan : “Ini lemak esensial yang sangat penting untuk fungsi hormon sehat, tetapi banyak dari kita kurang mengetahuinya.”

4. Hindari merokok

Kandungan kimia pada rokok, seperti karbon monoksida, tar dan nikotin tak ada manfaatnya sama sekali untuk kesehatan tubuh malahan dapat mengundang berbagai macam penyakit pada tubuh.

Terutama jika karbon monoksida terus dihirup akan mengikat hemoglobin darah dalam tubuh pada akhirnya oksigen dalam darah akan habis, akhirnya akan memicu tumbuhnya sel kanker salah satunya kanker rahim. Selain itu, asap rokok akan mengganggu imunitas tubuh dan sebabkan tubuh tak mampu melawan virus HPV yang kemudian aktivitasnya meningkat sehingga terjadi kanker rahim.

5. Jaga kebersihan vagina

Organ yang satu ini merupakan akses utama yang menghubungkan rahim dengan dunia luar. Kebersihan dan kesehatanya menjadi faktor paling penting menjaga kesehatan rahim.

6. Jangan menahan air kencing

Menhanan air kencing membuat menumpuknya kotoran pada kandung kemih, sehingga menyebabkan infeksi kandung kemih dan juga menyebabkan infeksi vagina dan panggul.

7. Kurangi asupan kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menurunkan kesburan. Selain itu, kafein dapat meningkatkan kecemasan dan selanjutnya dapat mempengaruhi proses konsepsi. Oleh karena itu, usahakan untuk membatasi konsumsi kopi, soda, teh berkafein dan coklat.

8. Jangan duduk terlalu lama

Terlalu lama duduk dapat menghambat sirkulasi darah pada daerah panggul. Hal ini dapat menyebabkan dinding rahim menebal dan meningkatkan risiko Endometriosis.

9. Hindari menggunakan pil KB dan alat kontrasepsi

Penggunaan pil KB dan alat kontrasepsi apalagi dalam waktu yang panjang dapat mengganggu keseimbangan hormon serta dapat meningkatkan risiko terjadinya fibroid atau tumor jinak pada rahim.

10. Menjaga berat badan yang sehat

Menjadi kurus merupakan impian semua wanita. Namun tahukah Anda kekurangan lemak yang cukup pada tubuh dapat menyebabkan rahim mengalami prolaps atau turun dan juga meningkatkan infeksi radang panggul, hal ini karena tak cukupnya lemak pada tubuh untuk menahan rahim pada tempatnya.

Selain itu, dapat menyebabkan defisiensi estrogen, mempengaruhi vitalitas fisik, kejernihan mental, dan stabilitas emosi, serta seksualitas dan kesuburan.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga rahim agar tetap sehat dan subur sehingga cepat hamil, apalagi Anda yang baru menikah pasti ingin segera menginginkan seorang anak.

Terima kasih, mudah-mudahan artikel tersebut bermanfaat. 🙂

Posted by : Cara Menjaga Rahim Agar Tetap Sehat Dan Subur

Cara Menjaga Rahim Agar Tetap Sehat Dan Subur Agar Cepat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *