Ketahui Penyebab Dan Cara mengatasinya Sakit Lutut Saat Hamil – Selamat datang dan terima kasih telah berkunjung di situs resmi kami, dengan berbagai artikel kesehatan dan juga pengobatan secara herbal.

Ketahui Penyebab Dan Cara mengatasinya Sakit Lutut Saat Hamil

Ketahui Penyebab Dan Cara mengatasinya Sakit Lutut Saat HamilKetahui Penyebab Dan Cara mengatasinya Sakit Lutut Saat Hamil – Kehamilan merupakan momen terindah bagi seorang wanita apalagi yang baru menikah. Namun pada masa ini juga, wanita hamil sering kali mengalami berbagai bentuk ketidaknyamanan akibat perubahan fisik yang cukup signifikan semasa kehamilan. Dan salah satu bentuk ketidaknyamanan tersebut adalah nyeri sendi terutama pada punggung, lutut dan lengan.

Nyeri dan rasa tertekan pada lutut ketika hamil merupakan hal yang sudah umum, dan sering kali membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Bertambahnya berat badan, perubahan hormon karena persiapan untuk kelahiran, perubahan postur tubuh dan cara berjalan, serta stres bisa mengakibatkan nyeri lutut mulai dari yang ringan hingga tingkat yang parah.

Penyebab lutu sakit saat kehamilan

Alasan atau penyebab lutut sakit pada ibu hamil sebenarnya sangat bervariasi antara satu wanita dengan wanita lainnya. Namun ada beberapa alasan umum yang berkaitan dengan perubahan fisik selama kehamilan. Perubahan berat badan dan distribusi berat merupakan alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa sendi bisa terasa sakit pada saat hamil :

  • Perubahan hormonal – Selama trimester ketiga, hormon dilepaskan untuk melonggarkan ligamen panggul dan tendon dalam persiapan untuk melahirkan. Mereka tidak hanya melonggarkan ligamen di daerah panggul tetapi juga menyebabkan kelonggaran pada ligamen dan tendon lain, termasuk di sekitar lutut. Tempurung lutut mungkin tidak tepat melacak benar, sehingga lutut terasa sakit saat hamil.
  • Ketegangan pada vena – Kehamilan dapat meningkatkan ketegangan atau tekanan pada pembuluh darah di lutut dan kaki, menyebabkan nyeri lutut
  • Penambahan berat badan – Penyebab paling umum nyeri lutut selama kehamilan adalah peningkatan berat badan secara bertahap, sehingga beban lutut akan bertambah. Dengan begitu, lutut akan mudah sakit ketika hamil.
  • Cedera – Dalam beberapa kasus, nyeri lutut Anda sebenarnya bisa disebabkan oleh cedera seperti kejang atau jatuh, dan bukan karena tubuh Anda yang berubah. Jika Anda mengalami nyeri lutut yang ekstrem, konsultasikan dengan dokter segera karena mungkin cedera serius.
  • Berlebihan berjalan atau berdiri – Kadang-kadang sakit lutut bisa hanya karena kelebihan berjalan atau berdiri sepanjang hari. Lutut Anda akan dipaksa untuk membawa beban untuk waktu yang lebih lama dan Anda akan mengembangkan rasa sakit pada lutut.
  • Kekurangan kalsium – Kekurangan kalsium dalam tulang Anda juga bisa menjadi penyebab nyeri lutut pada kehamilan. Maka dari itu penuhi kebutuhan kalsium pada tubuh selama kehamilan.

Jika Anda menderita nyeri lutut selama kehamilan, Anda memiliki risiko mengembangkan osteoartritis nantinya yang merupakan penyakit sendi degeneratif yang terjadi karena pemakaian dan robekan kartilago di sekitar lutut. Penyakit ini akan menyebabkan kekakuan sendi, penguncian sendi lutut dan nyeri yang parah.

Terlalu banyak beban ekstra akan memberi tekanan pada lutut dan menyebabkan kerusakan pada tulang rawan pelindung dan ligamen di sekitar sendi. Ini dapat menyebabkan kesulitan berjalan, membungkuk, dan berlari dalam jangka panjang jika dibiarkan.

Baca juga :

  • Obat sakit lutut
  • Cara menyembuhkan sakit pada lutut dengan cepat

Cara sederhana meringankan lutut saat kehamilan

Nyeri lutut biasanya karena salah satu dari dua alasan baik karena cedera atau karena efek kehamilan Anda. Cedera lutut membutuhkan perawatan medis namun sakit lutut karena kehamilan dapat diatasi dengan cara sederhana, berikut ini :

  • Cobalah latihan sederhana untuk memperkuat otot-otot di lutut Anda. Tentu saja, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda mencoba salah satu latihan saat ini.
  • Kenakan alas kaki yang empuk.
  • Duduk dengan kaki Anda disangga, ini akan meredakan nyeri dengan cepat karena beratnya turun.
  • Carilah penjepit lutut. Hal-hal ini mendukung ligamen dan tendon Anda, terutama jika Anda memiliki lutut bengkak selama kehamilan
  • Cobalah menempatkan bantal pemanas atau kompres es di lutut Anda untuk melegakan
  • Pastikan Anda tidak makan berlebihan secara tidak perlu.
  • Tetaplah berpegang pada pola makan yang baik dan jangan terlalu memanjakan saat Anda mengidam. Pilih diet sehat untuk mengontrol berat badan Anda. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah nyeri lutut selama kehamilan.
  • Makan makanan kaya kalsium untuk mempertahankan dan menyeimbangkan jumlah kalsium dalam tubuh Anda
  • Konsumsi lebih banyak makanan kaya omega-3 dan suplemen herbal dengan makanan harian Anda. Untuk ini, ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Terapi pijat dapat membantu nyeri dan kekakuan sendi.
  • Jaga kaki Anda sebagian besar waktu dan banyak istirahat

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Kelebihan berat badan selama kehamilan sebagian besar akan menyebabkan sakit pada lutut. Rasa sakit juga dapat disebabkan oleh beberapa alasan lain dan Anda perlu tahu kapan harus pergi ke dokter :

  • Jika nyeri lutut Anda bukan karena cedera, pilihan terbaik untuk mengetahui alasan sebenarnya adalah untuk mengambil pendapat medis dari dokter Anda.
  • Jika Anda berada di sekitar orang yang telah terinfeksi oleh erythrovirus (juga disebut penyakit kelima), Anda harus segera pergi ke dokter karena risiko cacat lahir terkait dengannya. Ini adalah fenomena langka sehingga tidak perlu panik.

Nyeri lutut hanyalah salah satu dari banyak perubahan yang akan dialami tubuh Anda selama dan setelah kehamilan. Tetapi dengan metode sederhana yang tercantum di atas, Anda akan dapat membuatnya melalui kehamilan Anda dengan nyeri lutut minimal.

Baca juga artikel lainya :

Manfaat air kelapa untuk kesehatan lutut

Bahaya menyilangkan kaki bagi kesehatan

Berbagai jenis dermatitis

Vitamin untuk orang tua

Obat penambah oksigen untuk otak

Posted by : Ketahui Penyebab Dan Cara mengatasinya Sakit Lutut Saat Hamil

Sumber : http://parenting.firstcry.com/articles/knee-pain-during-pregnancy-causes-risks-and-remedies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *